SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
SMA Pangudi Luhur I Brawijaya - Jl. Brawijaya IV Kebayoran Baru Jakarta Selatan - Indonesia  Telp. (021) 7243556
Selasa, 24 Oktober 2017  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


01.11.2007 16:36:34 1433x dibaca.
ARTIKEL
CAREER DAY

Acara Career day hari Kamis

Ada 3 session dalam seminar, 2 sesion tentang motivasi belajar di SMA PL bersama 3 alumni, satu sesion tentang pemilihan jurusan dalam meneruskan pendidikan para siswa SMA PL jakarta.


Dalam sharingnya mereka mengatakan bahwa untuk menuju suatu kesuksesan perlu perjuangan yang tidak ringan, banyak kendala dan tantangan-tantangan yang selalu menghadang di hadapan kita. Untuk itu kita perlu menyikapinya dengan positif dan berusaha untuk selalu bergembira. Ada beberapa hal yang bisa membantu kita untuk mencapai keberhasilan dan dalam menghadapi tantangan-tantangan hidup demi masa depan kita.

  1. Knowledge (Pengetahuan): orang harus mempersiapkan dan mengisi pengetahuannya dengan banyak belajar dari berbagai macam sumber yang bisa membantu untuk menembangkan kemampuannya.
  2. Skill (ketrampilan): ternyata tidak hanya kemampuan yang kita kembangkan tetapi juga soal ketrampilan. Kalau kita hanya sebatas teori saja maka kemampuan yang kita miliki tadi belumlah bisa dikatakan seorang yang sukses. Maka skill atau ketrampilan akan menjadi instrumen seseorang menjadi sukses. dengan berbekal kedua hal tersebut orang bisa saja bekerja dan melakukan apa yang ia inginkan. Tetapi hal tersebut belumlah cukup, karena bisa jadi orang tersebut akan mengaplikasikan ilmu dan ketrampilannya secara tidak bertanggungjawab. Maka perlu ditambah sebuah komponen yang penting yaitu unsur ketiga seperti di bawah ini.
  3. Attitude (sikap): ketiga hal inilah yang akan mendasari seseorang mampu mengaktualkan diri dengan kemampuannya dan ketrampilannya plus sikap tanggungjawab dalam bidangnya. Sehingga gagasan-gagasan dan buah gagasannya ini dapat menguntungkan banyak orang dan tetap ramah dengan lingkungannya. Dalam bidang profesi dan karier orang tersebut menjadi lebih kompeten dalam bidangnya, sehingga orang mengatakannya dialah seorang ahli atau master dalam bidangnya. Satu hal yang tidak kalah pentinggya dalam mencapai kesuksesan adalah membangun networking (jaringan). Dalam dunia kerja dan profesi ternyata relationship itu akan menjadi sangat membantu dan mendukung suksesnya sebuah tugas dan pekerjaan serta hidup seseorang.


Dikatakan juga kita perlu selalu memotivasi diri kita: lakukanlah apa yang Anda senangi/sukai dengan tekun dan setia. Dan modal utama bahwa aku sekolah harus happy/senang. Dalam memotivasi diri seseorang perlu juga harus mengenal dirinya sendiri. Terbuka terhadap diri sendiri dan juga orang lain yang mencoba memberikan masukan/kritik yang bersifat konstruktif, artinya bahwa kita terbuka dengan kesalahan-kesalahan yang diperbuat diri kita sendiri.


Lakukanlah kegiatan yang positif. Lebih lanjut mereka mengungkapkan bahwa waktu kami sekolah di SMA ini kami juga merasa sebagai anak-anak nakal, tetapi kenakalan itu kami lengkapi dengan prestasi-prestasi akademis dan non akademis. Kenakalan kami pun tidak menjurus pada pemalakan (pemerasan), penekanan atau intimidasi terhadap adik kelas atau teman-teman yang keadaannya lemah. Namun apa yang kami lakukan saat itu adalah anak-anak SMA PL yang kompak misalnya jika adik kelas dan teman-teman kami mengalami kesulitan maka kami siap membantu, entah dalam hal intelegensinya atau soal pertahanan diri karena ancaman dari luar sekolah. Dari pengalaman-pengalaman tesebut, ambilah pengalamn yang positif demi perkembangan dan pertumbuhan dirimu untuk masa depan Anda.


Hal lain juga diungkapkan oleh Mas Chandra, mengapa seseorang bisa berhasil dalam studinya? Ada dua hal yang perlu dicermati dalam hidup ini:

Aacademic skill: hal ini dapat diperoleh dalam lingkungan sekolah.

Interpersonal Skill: unsur-unsurnya antara lain

  1. Understanding self and others
  2. Empathy
  3. Cooperation
  4. Comunication
  5. Sense of responsibility


Intrapersonal Skill: unsur-unsurnya antara lain

  1. Self confident (percaya diri dan merasa di terima sebagai orang)
  2. Creative
  3. Socially will-adjusted
  4. Independent
  5. Critical/kritis, etc.







^:^ : IP 54.81.79.128 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
 © 2017  http://smaplbrawijaya-jkt@pangudiluhur.org/