SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
SMA Pangudi Luhur I Brawijaya - Jl. Brawijaya IV Kebayoran Baru Jakarta Selatan - Indonesia  Telp. (021) 7243556
Selasa, 24 Oktober 2017  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


31.01.2008 10:12:02 1321x dibaca.
ARTIKEL
SECOND WINNER OF NATIONAL ENGLISH ESSAY COMPETITION

By Arvy Raoul kelas XII A

Salam untuk para pembaca! Nama saya Arvy Raoul dan saya bersekolah di SMA Pangudi Luhur. Baru-baru ini saya alhamdullilah memperolah prestasi yang saya anggap cukup membanggakan yaitu Scond Winner of English Essay Competition yang diadakan Binus University. Pada tulisan saya ini, saya ingin menceritakan bagaimana sekolah saya (SMA Pangudi Luhur) telah membantu, membimbing, dan bahkan “membentuk” saya sehingga saya berhasil memperoleh pencapaian yang luar biasa ini.


Sebelumnya, saya akan menceritakan dulu latar belakang SMA Pangudi Luhur. SMA Pangudi Luhur yang terletak di Jalan Brawijaya IV no 47 ini mempunyai murid-murid yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Sekolah ini, dilegalkan bagi murid yang standar nilainya mencukupi boleh berambut gondrong. SMA Pangudi Luhur mempunyai sebuah acara tahunan yang sangat dibanggakan yang baru-baru ini berganti nama PL Art Collaboration. Selama beberapa tahun terakhir ini, SMA Pangudi Luhur juga cukup terkenal dengan senioritasnya.


Senioritas yang saya maksud di sini bukanlah senioritas negatif seperti yang mungkin banyak dari Anda salah menginterpretasikan. Senioritas yang saya maksud di sini adalah senioritas yang produktif dan konstruktif; senioritas yang menerpa dan mambangun mental yang intelek, rasional, sehat, dan bijak.Mungkin banyak orang yang memandang sebelah mata akan memaparkan kisah-kisah menyeramkan yang menakutkan pada Anda tentang sekolah kami ini, tetapi saya disini berbicara sebagai salah satu dari begitu banyak bukti nyata kesuksesan metode pendidikan SMA Pangudi Luhur dan juga sebagai murid SMA Pangudi Luhur sendiri yang telah melewati kurang lebih tiga tahun pendidikan SMA Pangudi Luhur.


Mungkin sekilas saya akan terdengar melebih-lebihkan, tetapi sejujurnya saya berusaha memaparkan hal-hal dengan apa adanya. Memang, pendidikan akademis yang ditawarkan oleh SMA Pangudi Luhur sangat baik, bahkan memperoleh akreditasi A. Tetapi saya sebagai murid SMA Pangudi Luhur, merasa bahwa pendidikan non akademiklah yang membedakan murid-murid dan alumni SMA Pangudi Luhur dari sekolah-sekolah lain; ATTITUDE; begitulah orang menyebutnya. Attitude inilah yang terbentuk sebagai hasil dari senioritas kontruktif yang saya sebut-sebut di atas, yang bukan hanya mencakup para senior (baca: kelas 3), tetapi peran guru dan karyawan juga tak kalah penting.


Mencakup apasajakah attitude atau perilaku yang dibentuk oleh senioritas positif ini? Perkembangan signifikan yang saya rasakan selama bersekolah di SMA Pangudi Luhur antara lain mencakup kekompakkan dan solidaritas antar murid, pengembangan potensi yang maksimal, pengembangan paradigma dan pola pikir, kemampuan untuk menggunakan nalar dan memecahkan problema denga efektif dan efisien, peningkatan percaya diri dan pengenalan diri, serta kemampuan membaca situasi dan manajemen waktu. Dan tidak dapat dipungkiri, perilaku-perilaku inilah yang akan menentukan kesuksesan dan hidup yang efektif baik di masa kini maupun di masa yang akan datang melebihi prestasi yang hanya berdasarkan nilai-nilai akademis.


Peran guru dan karyawan dalam memotivasi para murid juga tak ternilai harganya. Di sekolah kami ini, antara guru dan murid, dan karyawan terdapat jalinan persaudaraan yang begitu kuatsampai-sampai seringkali kami menganggap guru dan karyawan itu sebagai teman, dan bukan mentor. Suasana kondusif inilah yang menyebabkan SMA Pangudi Luhur tetap dapat mempertahankan integritasnya walaupun berbagai macam kesimpangsiuran terjadi. Suasana inilah yang juga memotivasi saya dan membuat saya mempu menyadari dan mengembangkan potensi saya sehingga akhirnya saya memperoleh prestasi yang membanggakan tidak hanya untuk sekolah, tapi juga untuk saya sendiri.


Akhirnya saya sebagai penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Allah AWT, pihak sekolah, dan tentunya semua aspek SMA Pangudi Luhur khususnya para murid dan karyawan yang telah membantu saya selama 3 tahun terakhir ini. Saya harap dengan tulisan saya ini dapat lebih membuka pemahaman dan persepsi para pembaca sekalian tentang kelebihan-kelebihan SMA Pangudi Luhur Jakarta








^:^ : IP 54.81.79.128 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
 © 2017  http://smaplbrawijaya-jkt@pangudiluhur.org/