SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
SMA Pangudi Luhur I Brawijaya - Jl. Brawijaya IV Kebayoran Baru Jakarta Selatan - Indonesia  Telp. (021) 7243556
Selasa, 24 Oktober 2017  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


10.12.2012 15:42:06 2071x dibaca.
BERITA
KEGIATAN WHO AM I SMA PL JAKARTA

KEGIATAN WHO AM I SMA PL JAKARTA

 

Pada tanggal 3-5 Oktober 2012 siswa kelas X SMA PL Jakarta mengikuti kegiatan  Who Am I di Gunung Pancar, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan pembinaan yang merupakan salah satu program dari kesiswaan ini bertujuan agar siswa mengenal lebih mendalam mengenai potensi dirinya. Kegiatan ini diikuti 84 siswa dengan didampingi 15 guru. Rombongan berangkat tanggal 3 Oktober 2012 pukul 07.30 WIB menggunakan 4 bus dari kepolisian.

Pukul 10.00 rombongan tiba di lokasi, setelah cukup beristirahat anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok tenda dan 8 kelompok kegiatan yang diacak dari berbagai kelas sehingga mereka bisa berbaur dengan teman di lain kelas untuk meningkatkan keakraban antar siswa. Setiap kelompok kegiatan didampingi oleh satu orang fasilitator yang akan memandu aktivitas untuk pengembangan karakter, mengobservasi perilaku, memfasilitasi proses diskusi untuk memaknai kegiatan, memfasilitasi peserta untuk mengamati dan memahami dirinya sendiri, serta memberikan skor untuk berbagai kegiatan. Dengan bekal buku panduan yang harus diisi pada setiap aktivitas, anak-anak akan mencari dan menemukan jati diri mereka.

Rangkaian kegiatan selama 3 hari 2 malam ini dibuka secara resmi dengan sebuah upacara sederhana dengan inspektur upacara Bapak C. Heri Prasetya selaku Wakasek Kesiswaan mewakili Bruder Kepala Sekolah yang sedang bertugas di Jawa Tengah. Seluruh kegiatan di bawah pengendalian para guru pendamping yang dikomandani Bapak Theo S. Rastam. Kunci utama kesuksesan kegiatan ini adalah koordinasi dan kerjasama yang baik dari semua yang terlibat, serta kondisi fisik/kesehatan yang benar-benar prima sebab kegiatan ini sungguh menguras tenaga dan pikiran mengingat medan/lokasi kegiatan berada di gunung, sementara acara padat dari pagi hingga malam hari (outdoor dan indoor). Hujan yang mengguyur tidak menghalangi kegiatan untuk terus dilaksanakan.

Materi Who Am I mencakup PBB, Ice Breaking, Renungan dan Doa, Eksplorasi diri (Siapakah Aku, Konsep Diri, Attitude dan Tipe Kepribadian), Games dan Pencarian Diri, Solo Night, Komitmen Pribadi dan Komitmen Kelas, serta Visualisasi. Seluruh materi dikemas sedemikian rupa sehingga menarik dan mampu membantu peserta untuk mengenal dan menemukan siapakah diri mereka dan potensi apa yang sebenarnya mereka miliki. Hal ini tidak terlepas dari peran aktif para mentor dan fasilitator pendamping kelompok yang selalu mendampingi mereka untuk membantu memaknai setiap aktivitas dan mengaitkan pemahaman makna dengan kehidupan sehari-hari melalui breafing dan debriefing.

Pada hari terakhir, setiap kelompok diwajibkan untuk menampilkan kreativitas dalam bentuk visualisasi sebagai hasil pembelajaran selama 2 hari yang telah dilewati. Dengan bimbingan, dukungan, dan kritikan membangun dari pendamping, masing-masing kelompok berlomba untuk menampilkan yang terbaik, entah itu dalam bentuk lagu,  drama, maupun parodi yang menarik. Setelah itu, anak-anak bersama wali kelas masing-masing membuat komitmen kelas dilanjutkan pembagian hadiah bagi 3 kelompok yang mendapatkan skor tertinggi.

Jumat, 5 Oktober 2012 pukul 14.30 rombongan tiba di kampus SMA PL Jakarta dengan selamat. Semoga melalui kegiatan ini siswa-siswa SMA PL Jakarta semakin mampu menjadi pribadi yang berkarakter dan berkembang optimal baik secara intelektual, humanitas maupun iman kerohaniannya.

 

           

 








^:^ : IP 54.81.79.128 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
 © 2017  http://smaplbrawijaya-jkt@pangudiluhur.org/