SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
SMA Pangudi Luhur I Brawijaya - Jl. Brawijaya IV Kebayoran Baru Jakarta Selatan - Indonesia  Telp. (021) 7243556
Selasa, 24 Oktober 2017  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


10.12.2012 15:28:01 2935x dibaca.
BERITA
STUDI BANDING GURU DAN KARYAWAN SMA PL JAKARTA-KE BANGKOK THAILAND

STUDI BANDING GURU DAN KARYAWAN SMA PL JAKARTA

 KE MATER DEI SCHOOL, BANGKOK, THAILAND

Pada tanggal 11-14 September 2012 Guru dan Karyawan SMA PL Jakarta mengadakan Studi Banding ke Mater Dei School, Bangkok, Thailand dengan mengajak serta perwakilan dari keluarga besar Pangudi Luhur dari unit kerja lain, yaitu PL Delta Mas, SD dan SMP PL Jakarta, serta SMA PL Servasius Bekasi. Rombongan berangkat dari kampus SMA PL Jakarta pk. 04.00 wib menuju Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. Pk. 07.35 kami terbang ke Suvarnabhumi-International-Airport di Bangkok, namun transit terlebih dahulu di Bandara Singapore (Changi). Pk. 20.30 kami tiba di Patunam Metro Hotel untuk beristirahat.

Keesokan paginya pk. 07.30 rombongan berangkat menuju Mater Dei High School, 534 Ploenchit Pathumwan, Bangkok, Thailand, tiba pk. 07.45. Kedatangan kami disambut baik oleh pihak sekolah yang diwakili Suster Ursulin, Ms. Tina selaku Kepala Sekolah, Mrs. Sumitrah dan Ms. Canya selaku koordinator. Ms. Reny Astiah Harwati dan Bp. Hendrikus Hermandi memandu kami dalam pertemuan. Selain sebagai guru Bahasa Inggris di SMA PL Jakarta, beliau berdua menjadi penerjemah kami, sebab tidak semua peserta fasih berbahasa Inggris. Setelah perkenalan peserta, Br. Ag. Giwal Santoso FIC., SE., MM memberikan sambutan untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari studi banding ini.

Selanjutnya kami menyaksikan penayangan profil sekolah. Mater Dei School adalah sekolah yang dikelola oleh Suster-suster Ordo Ursulin yang para siswanya putri semua. Sekolah ini sangat menjaga tradisi “Service Program” dalam pembentukan karakter siswanya. Motto SERVIAM yang berarti saya akan melayani mengajarkan kedamaian kepada siswanya melalui pelayanan kepada orang lain dengan latihan keterampilan mendengarkan, beremphati, dan analisa sosial. Mater Dei berjuang keras menanamkan dan mengembangkan hard-skill dan mempertajam soft-skill siswa sehingga menjadi manusia utuh yang berguna bagi keluarga dan komunitas mereka yang dicapai melalui kegiatan ekstra kurikuler, sehingga siswa mempunyai pengalaman melakukan kegiatan-kegiatan pelayanan.

Siswa Mater Dei diajak untuk memaknai semangat SERVIAM melalui kegiatan-kegiatan nyata seperti membersihkan ruang kelas, mencuci piring setelah makan siang, menjaga kebersihan lingkungan sekolah dll sebagai kegiatan rutin sehari-hari yang dimulai dengan membiasakan diri, membantu orang lain, sehingga menjadi gerakan seluruh anggota komunitas sekolah ini. Semangat pelayanan sangat mewarnai semua perilaku siswa sebagai hasil dari program sekolah yang berkesinambungan sbb : untuk jenjang TK pokok perhatian pada penanaman perilaku yang tepat seperti disiplin, menghormati, peduli pada orang lain; SD pada penanaman keterampilan berbahasa; SMP pada penajaman kemampuan akademik siswa; dan SMA penekanan pada keterampilan membaca siswa.

Selama 1,5 jam kami berkeliling lokasi sekolah mulai dari kampus TK-SMA yang tergabung dalam satu kompleks dan dipimpin oleh satu orang Kepala Sekolah. Untuk kegiatan ini kami dibagi menjadi 6 kelompok yang terdiri dari 7-8 orang. Setiap kelompok didampingi oleh 2 siswa SMA sebagai guide. Kami kagum melihat lokasi yang begitu luas nampak bersih, indah, ruangan tertata rapih, sarana prasarana pembelajaran lengkap, dan para siswa yang dengan spontan menyapa kami dengan senyum dan salam, menunjukkan bahwa karakter sekolah dan para siswanya amat kuat. Setelah selesai berkeliling kami kembali ke ruang pertemuan untuk diskusi dan tanya jawab mengenai sistem pembelajaran, program-program kegiatan siswa, dan hal-hal lain seputar Mater Dei.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan, menyanyikan Lagu Mars Pangudi Luhur, makan siang, dan foto bersama. Kembali ke hotel, setiap kelompok berdiskusi mengenai hasil yang diperoleh dari studi banding yang akan dipadukan dalam diskusi kelompok besar malam berikutnya. Setiap peserta juga diwajibkan untuk membuat refleksi pribadi mengenai apa yang didapat dari kegiatan ini dan apa yang bisa diimplementasikan di masing-masing unit kerja, dimana hasilnya nanti akan dijadikan sebagai bahan laporan setelah sampai di sekolah Pangudi Luhur.

Semoga dengan studi banding ini Guru dan Karyawan SMA PL Jakarta dan para peserta dari unit lain yang mengikuti mampu memberikan yang terbaik bagi kemajuan siswa, mampu berinovasi, berkreasi dan memajukan sekolah seperti tujuan awal yaitu melakukan perbaikan, meningkatkan kinerja, dan membuka wawasan baru dengan melihat langsung pengelolaan pendidikan di luar Indonesia sehingga mampu meningkatkan profesionalitas masing-masing.








^:^ : IP 54.81.79.128 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
 © 2017  http://smaplbrawijaya-jkt@pangudiluhur.org/