SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
SMA Pangudi Luhur I Brawijaya - Jl. Brawijaya IV Kebayoran Baru Jakarta Selatan - Indonesia  Telp. (021) 7243556
Jumat, 26 Mei 2017  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



PROFIL
KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN SMA PANGUDI LUHUR JAKARTA

PROGRAM PENDIDIKAN
Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan pokok / utama dalam keseluruhan kegiatan sekolah. Fokusnya adalah peserta didik sebagai subyek didik. Kegiatan pokok / utama ini meliputi :

Kegiatan Intrakurikuler
Yaitu kegiatan yang berhubungan langsung dengan proses pembelajaran yang mengacu kepada kurikulum yang ada. Kegiatan ini menjadi pokok ,untuk tidak terkalahkan dengan kegiatan lain.

Kegiatan Ekstrakurkuler
Berupa:

NO JENIS EKSTRAKURIKULER NO JENIS EKSTRAKURIKULER
1. Sepak Bola 8. Pramuka
2. Bola Basket 9. Fotografi
3. Merpati Putih 10. E-COM
4. GPA 11. Tenis Meja
5. Keris    
6. Archiatos    
7. Keroncong    

 

Kegiatan Khusus Non Ekstrakurikuler

NO JENIS EKSTRAKURIKULER
1. Debate
2. Paduan Suara
3. KIR
4. Body Building

 

Rambu-rambu dan arah kegiatan ektrakurikuler:

  1. Kegiatan ini akan selalu diuji keberadaannya dalam kurun waktu tertentu.
  2. Merupakan penunjang penyaluran bakat dan hobby.
  3. Pelaksanaannya harus berjalan dengan sehat, sesuai dengan aturan yang ada
  4. Keberadaan kegiatan ini tidak boleh mengalahkan kegiatan pokok, yaitu proses belajar mengajar.
  5. Merupakan sarana Kegiatan Pengkaderan
  6. WahanLatihan dasar kepemimpinan
  7. Wahana Pelatihan Keorganisasian



POLA INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR
Mengintegrasikan / menyatupadukan nilai – nilai oleh tujuan pendidikan sekolah Katolik, Yayasan Pangudi Luhur dan SMU Pangudi Luhur Jakarta yang mengacu kepada peroleh perkembangan menjadi manusia seutuhnya dan seoptimal mungkin.

Suasana perolehan, menciptakan Komunitas pendidikan dialogis (masyarkat dunia pendidikanb yand dilandasi hubungan timbal balik) yang diwarnai adanya suasana : saling percaya, saling menghormati, ada harapan yang jelas, saling memperhatikan, cinta kasih, kemerdekaan untuk berkreatif, kritis, eksploratif (pencarian dan penggalian potensi) dan keberanian untuk bertanya dan berpendapat.

Pendekatan pribadi menekankan ke REKAN an dalam pelayanan yang dinampakkan pada :

  1. Posisi guru sebagai Pendamping, Fasilitator (pemudah), Mediator (penghubung / penengah), Instruktur (pengarah) dan siswa sebagai SUBYEK pendidikan / pelaku pendidikan.
  2. Sebutan yang paling tepat untuk siswa adalah SAUDARA / ANDA.
  3. Masing – masing pribadi menampakkan KEWIBAWAANNYA, yaitu: adanya keserasian antara perkembangan profesionalnya (kemampuan dan bakat), personalitasnya (kepribadian) sosialitasnya, moralitasnya dan religiusitasnya (keimanan).
  4. Masing – masing pribadi dibiasakan untuk mengadakan fefleksi (mawas diri), validasi (menghargai dan saling bantu), teman sejawat, rapat, musyarwarah dan pengembangan pribadi.


Strategi / metode pendampingan harus konstektual (berdasarkan situasi yang aktual) berurat berakar dalam IMAN dan BUDAYA setempat. Untuk itu perlu adanya pembiasan untuk mengadakan analisis situasi : Iman, Sosial, Budaya, Ekonomi, Politik, yang menghidupi zamannya.

Pola interaksi belajar mengajar pendamping siswa dapat bervariasi sebagai berikut :

  1. Pola pendamping siswa, isi pengarahannya adalah : memberi informasi, memberi tugas, memotivasi, membangun persepsi/ tanggapan kesadaran memberi umpan balik, membina disiplin kelas atau kelompok kerja dsb.
  2. Pola kesiswaan pendamping, isi kegiatannya adalah : bertanya, mengusulkan sesuatu, meminta bantuan pendamping berkonsultasi, melaporkan hasil kerja, mengkoreksi informasi, menjawab pertanyaan pendamping dan sebagainya.
  3. Pola siswa – siswa, isi kegiatannya adalah : tanya jawab, diskusi, adu argumen dalam debat, berdialog, belajar kelompok, pemecahan masalah, demonstrasi (peragaan), bereksperimen, merancang sesuatu dan sebagainya





^:^ : IP 54.159.90.0 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR I BRAWIJAYA JAKARTA
 © 2017  http://smaplbrawijaya-jkt@pangudiluhur.org/